Jenis Kain Tenun Khas Indonesia




Indonesia salah satu negara yang mempunyai kekayaan ciri khas di setiap daerahnya membuat Indonesia menjadi terkenal diseluruh negara yang ada di dunia.
Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia selain batik adalah kain tenun yang bermacam-macam motifnya. Karena setiap daerah memiliki ciri khas motif masing-masing.
Dan dari dulu hingga sekarang tenun masih dibuat dengan cara yang tradisional dibuat oleh tangan-tangan terampil warga pribumi.
Karena memang tenun itu harus dibuat menggunakan alat yang tradisional sehingga terciptalah kain tenun yang indah dengan hasil yang maksimal.
Salah satu daerah yang masyarakatnya masih aktif memproduksi kerajinan tenun tradisional yaitu Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, tenun yang diproduksi masyarakat desa Troso masih menggunakan alat tradisional, yaitu Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).
Dan motif tenun hasil produksi warga desa Troso yang masih dipertahankan hingga saat ini adalah motif tenun ikat khas troso. Selain juga memproduksi berbagai macam motif tenun tapi yang paling rame di cari oleh konsumen adalah jenis tenun ikat.
Karena tenun ikat ini selain bisa dijadikan pakaian dengan berbagai macam model busana juga dapat digunakan sebagai kain pelapis barang meubel dan sebagai penghias interior rumah.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tenun Blanket Motif Tenun Nusantara Khas Troso Jepara

Kain Khas Nusantara, Tenun Troso Jepara